11 February 2021 01:01 WIB

Ventilated Disc Jaga Rem Tetap Dingin

Rem merupakan komponen yang sangat vital dalam mobil. Maju merupakan pilihan namun berhenti merupakan kewajiban. Sehingga ketika rem mengalami malfungsi, tentunya akan sangat berbahaya.

Untuk itu rem harus dibuat sebaik mungkin agar tidak blong, salah satunya adalah dengan mencegah rem terlalu panas.

Bila rem terlalu panas atau overheat, maka kampas rem akan kehilangan efisiensinya dan tidak bisa mengerem dengan baik. Bisa juga minyak rem terlalu panas sehingga mendidih dan membuatnya tidak bisa memberikan tekanan ke kaliper.

Salah satu caranya adalah dengan membuat piringan rem atau cakram berventilasi agar panas tersebut bisa dialirkan ke udara dan mendinginkan rem.

Dengan ventilasi tersebut, maka rem akan menjadi lebih mudah dingin dibandingkan rem tanpa ventilasi. Tetapi, perlu diingat kalau rem ini juga bisa mengalami overheat jika digunakan terus menerus.

Kini seluruh mobil Hyundai telah menggunakan rem depan dengan ventilasi karena rem depan merupakan rem yang bekerja paling berat. Dengan fitur tersebut, maka rem mobil Hyundai merupakan rem yang bisa diandalkan, apalagi dengan tambahan fitur seperti ABS.

 

Share