07 February 2021 00:23 WIB

Penempatan Tombol Pada Setir Merupakan Hasil Riset Perilaku Pengemudi

Mobil masa kini sudah semakin modern dan dipenuhi oleh teknologi, misalnya sistem infotainment yang sudah semakin canggih dan makin banyak kegunaannya.

Dengan semakin banyaknya fitur-fitur tersebut, otomatis semakin banyak hal yang bisa dikontrol oleh pengemudi maupun penumpang. Tetapi, meraih tombol tersebut satu per satu mungkin cukup sulit karena harus melepas pandangan dari jalan untuk melihat dimana posisi tombol yang hendak disentuh.

Setelah melakukan berbagai riset, ditemukanlah beberapa tombol di mobil yang paling sering disentuh, misalnya tombol menaikan atau menurunkan volume serta pemilihan track audio. Ya, penempatan tombol-tombol tersebut merupakan hasil riset perilaku pengemudi.

Dengan data tersebut, maka Hyundai pun meletakkan tombol-tombol yang sering digunakan tersebut di tempat yang lebih mudah diraih, yaitu di setir, tepat di area jempol pengemudi.

Tombol-tombol ini membuat pengemudi bisa tetap fokus ke jalan untuk meminimalisir angka kecelakaan. Tombol pada setir juga sangatlah praktis karena bisa dirasakan dengan diraba.

Selain itu, tombol pada setir juga kini digunakan untuk mengatur beberapa fitur pada mobil, terutama yang berada di layar cluster pengemudi.

Tombol pada setir memang sebuah detail yang kecil, namun detail ini terbukti sangatlah praktis sehingga semakin marak digunakan.

Share