09 February 2021 02:53 WIB

Bukalah Ventilasi Setelah Lama Mengemudi

AC sudah menjadi sebuah standar fitur kenyamanan mobil. Tanpa AC, rasanya tentu tidak akan nyaman dan pengap, terutama bila berkendara jauh dan tak jarang menemui kemacetan.

Ketika menggunakan AC, ada 1 fitur yang biasanya selalu dinyalakan, yaitu recirculating yang membuat udara dalam kabin terus berputar sehingga bau dari luar tidak masuk.

Fitur ini tentunya sangat baik, karena dengan fitur resirkulasi ini, AC akan terhindar dari bau tidak sedap, misalnya ketika melewati area kali yang bau apek.

Tetapi, bila sedang berada di perjalanan panjang dan tidak berhenti untuk waktu yang lama, ada baiknya fitur ini dimatikan sementara.

Hal tersebut bertujuan untuk membiarkan oksigen masuk ke dalam mobil. Karena bila udara terus beresirkulasi, maka oksigen bisa habis meskipun akan memakan waktu yang sangat lama.

Jika tidak ingin mematikan fitur tersebut, sebenarnya aman-aman saja bila udara luar bisa masuk dari jalur lain, misalnya ketika membuka jendela maupun membuka pintu. Sehingga, membuka ventilasi adalah untuk membuka sirkulasi udara tanpa membuka pintu maupun jendela.

 

Share